Kamis, 07 Februari 2013

Menstruasi ( biologi )

Menstruasi merupakan pertanda awal masa kedewasaan seorang wanita. Remaja yang telah mengalami menstruasi berarti alat-alat perkembangbiakannya telah mulai berfungsi. Indung telur telah mulai aktif menghasilkan sel telur (ovum).

Proses pembentukan sel telur berlangsung di dalam indung telur (ovarium) ketika bayi masih di dalam kandungan. Pematangan sel telur bermula ketika anak telah menginjak remaja. Sejak menstruasi pertama, pematangan telur belangsung secara teratur setiap bulan. Jika telah masak, telur akan dikeluarkan dari indung telur ke saluran (oviduk). Keluarnya sel telur dari indung telur (ovarium) di sebut ovulasi.

Pematangan telur dan pengeluaran telur dari indung telur dipengaruhi oleh beberapa hormon kelamin wanita. Hormon itu juga mempengaruhi penebalan dinding rahim tempat nantinya calon bayi (embrio) menempel selama masa kehamilan. Jika telur dibuahi, maka proses penebalan dinding dan pembentukan pembuluh darah akan berlangsung pesat. Telur yang dibuahi (zigot) akan turun ke dalam rahim dan seterusnya menetap di sana sampai saatnya dilahirkan.

Jika telur tidak dibuahi, maka penebalan telur akan terhenti, rusak, dan akhirnya meluruh. Peluruhan dinding rahim dan pembuluh darah kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui alat kewanitaan. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya pendarahan pada wanita yang disebut menstruasi.siklus menstruasi
Dari siklus menstruasi di atas, terlihat jelas bahwa siklus pematangan sel telur, siklus penebalan dinding rahim, dan pembentukan pembuluh darah berlangsung secara teratur setiap 28 hari atau setiap bulan. Menstruasi umumnya berlangsung selama tiga sampai tujuh hari (3 – 7 hari).

Seperti yang kita ketahui, menstruasi tidak terjadi jika seorang wanita sedang hamil. Mengapa? Selama kehamilan, tidak terjadi pematangan sel telur dan dinding rahim terus menebal. Oleh karena itu, tidak terjadi peluruhan dinding rahim sehingga menstruasi pun tidak terjadi.

Menstruasi adalah peristiwa alami yang terjadi pada setiap wanita sehat dan normal. Wanita umumnya mengalami menstruasi untuk pertama kalinya pada usia antara 11 – 16 tahun. Menstruasi ini akan terus berlangsung selama 30 tahun atau selama 400 kali menstruasi dan akan berakhir setelah mencapai usia antara 45 – 55 tahun. Wanita yang sudah tidak mengalami menstruasi tidak akan dapat memiliki anak lagi. Berhentinya menstruasi disebut menopause.

Wanita yang sedang mengalami menstruasi biasanya mengalami beberapa gangguan pada tubuhnya, seperti sakit perut, nyeri pada bagian rahim, anemia, dan mengalami gangguan psikologis, seperti emosional dan sukar berkonsentrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar