Kamis, 07 Februari 2013

Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Pada saat menstruasi berlangsung, sebenarnya terjadi luka pada jaringan yang menyusun dinding rahim. Adanya kerusakan tersebut menyebabkan wanita beresiko tinggi terhadap infeksi kuman penyakit. Bakteri, jamur, dan virus dapat menginfeksi dinding rahim yang luka melalui saluran kencing atau daerah kelamin. Agar tetap sehat baik sebelum, selama, maupun sesudah menstruasi, hal-hal yang perlu dilakukan, antara lain menjaga kebersihan daerah kelamin dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan segar.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan daerah kelamin, antara lain usahakan daerah kelamin selalu dalam keadaan bersih dan tertutup; jika membersihkan daerah kelamin dengan air, siramlah dari depan ke belakang; jika menyentuh daerah kelamin, usahakan tangan dalam kondisi bersih; dan gunakan pembalut yang mempunyai daya serap tinggi dan permukaan yang lembut. Pembalut tersebut akan menjaga daerah kelamin agar tetap kering dan tidak lembab.

Selain menjaga kebersihan daerah kelamin, kita juga harus menjaga tubuh agar tetap sehat. Untuk mengurangi perasaan tidak nyaman dan menjaga tubuh agar tetap segar, dapat dilakukan beberapa hal, antara lain mengurangi makanan yang manis, berlemak, atau mengandung karbohidrat tinggi; memperbanyak makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin; mengurangi minuman yang memiliki daya rangsang tinggi, seperti kopi dan cokelat; serta berolahraga ringan secara teratur.

Olahraga penting untuk menjaga vitalitas dan stamina. Olahraga juga dapat memperlancar aliran darah serta membantu mempercepat pengeluaran kotoran melalui keringat. aliran darah yang lancar menjamin pasokan oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh sehingga meningkatkan vitalitas tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar